Bakteri Di muka penyebab Jerawat.

saya teringat ketika memasuki kelas matakuliah sanitasi,professor kami membuka pendahuluan sebelum memasuki teori dengan mengangkat tema tentang Pencemaran lingkungan,sampai pada pembahasan tentang bakteri yang melekat dalam tubuh kita,diantaranya bakteri yang terdapat pada tangan dan bekteri yang terdapat di muka yang menyebabkan jerawat.

Ini sangat menarik untuk di ulas

Selengkapnya
Jerawat yang menjadi problema anak muda mulai muncul ketika masa puber, hal ini disebabkan tidak adanya keseimbangan hormon,serta pembentukan hormon-hormon dewasa,hormon-hormon ini menyebabkan sebaceous”kelenjar penghasil sebum pada kulit”menjadi lebih aktif.

Kenaikan aktifitas kelenjar ini mengakibatkan produksi sebum “minyak”pada wajah juga meningkat. Jadi tumpukan sebum ini nantinya akan menjadi satu bergabung dengan kotoran serta sel kulit mati sehingga menyumbat terjadi penyumbatan pori-pori.(penyebabjerawat.com)

Seorang peneliti jerawat ternama di dunia mengatakan Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya."

Lalu apa hubungannya dengan bakteri.?

Laura Marinelli, seorang peneliti postdoktoral di UCLA mengatakan bahwa "Kita tahu bahwa hormon seks, minyak wajah dan sistem kekebalan tubuh berperan dalam timbulnya jerawat. Tapi bakteri P. acnes adalah pemicu utama,"

Ya.. bakteri Propionibacterium acnes atau lebih mudahnya orang menyebutnya bakteri P.acnel merupakan bakteri yang menyebabkan jerawat pada kulit manuasia.Bakteri P.acne ini merupakan bakteri Flora normal kulit yang tumbuh relative lambat serta memiliki tipikal toleran terhadap udara,itulah sebabnya bakteri ini tidak masalah kalo hinggap di muka manusai.

Bakteri P.acnel ini nantinya akan mereaksikan  bahan kimia  yang menghancurkan dinding pori - pori. Kondisi ini dapat menyebabkan inflamasi. Asam lemak dan minyak kulit tersumbat dan mengeras. 

Jika jerawat disentuh maka inflamasi akan meluas sehingga padatan asam lemak dan minyak kulit yang mengeras akan membesar

Bakteri ini memiliki kecenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat  yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawatbatu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

Solusi Mengatasi jerawat.?

Hasil penelitian Modlin bersama sejumlah ilmuwan dari University of Pittsburgh menunjukkan bahwa Propionibacterium acnes fag, keluarga virus yang hidup di kulit manusia secara alami memangsa bakteri penyebab jerawat.Virus pemakan Jerawat ini tidak berbahaya pada kulit manusia.

Sang profesor mengatakan "Cara ini bisa membersihkan kulit dari jerawat yang parah sekalipun tanpa meninggalkan bekas luka," 

Kalo secara alami.?

Cara mengatasi jerawat secara alami berdasarkan sumber Wikipedia yang saya telusuri,inilah yang di sarankan Wikipedia.
  1. Ambil 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua dan jemur.
  2. Lumatkan daun pepaya tersebut dan diberi air kemudian diperas untuk diambil sarinya.
  3. Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.
Demikianlh ulasan mengenai Bakteri penyebab jerawat yang  dirujuk dari beberapa sumber.

1 komentar:

  1. Fungal acne adalah jerawat yang disebabkan oleh jamur dan ini yang banyak dialami oleh penderita di Indonesia karena kelembaban yang berkemang adala jamur dan bakteri dan sulit dikontrol

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.