Mengenal Jurusan Teknologi Hasil Pertanian.

paijomenulis
Teknologi Pangan.
Artikel ini saya tulis untuk mendeskripsikan tentang apa itu Teknologi Pangan, mengingat akhir - akhir ini sudah dimulainya persiapan atau bahkan sudah dimulainya seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

mungkin sebagian kalangan masih bingung memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka masing - masing atau sebagaian sudah memiliki opsi/pilihan yang mantap, tetapi masih membutuhkan referensi yang lebih untuk dapat mengenal jurusan yang ingin di tuju.

saya sendiri merupakan mahasiswa program studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas pertanian di salah satu universitas negeri yang lolos seleksi melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tetapi sekarang nama jalur seleksi tersebut berubah menjadi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)


Awal sebelum melakukan pendaftaran online, saya juga mungkin seperti sebagian  teman - teman rasakan yaitu bingung mau mengambil jurusan apa dan pada akhirnya tampa unsur kesengajaan terpilihlah Jurusan Teknologi Hasil Pertanian. Salah satu dari dua jurusan yang saya pilih. Tuhan maha tahu yang terbaik untuk hidup dan masa depan saya. Alhamdulilla saya akhirnya lulus di Teknologi Pertanian.

Awalnya saya masih bingung apa itu Teknologi Hasil Pertanianmungkin dibeberapa perguruan tinggi negeri nama jurusan tersebut berbeda-beda seperti di Universitas Gajah Mada dikenal dengan jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, di Universitas Brawijaya dan Universitas Riau dikenal dengan Teknologi Hasil Pertania (wikipedia) dan di luar negeri jurusan ini dikenal dengan Food Technology atau sering di sebut Food teck.

Dalam pikiran saya meraba raba teknologi hasil pertanian adalah sebuah jurusan yang konsentrasinya lebih ke penggunaan dan teknologi yang berhubungan dengan peralatan mesin dalam pertanian, seperti mengenai peralatan traktor, teknologi penyemaian dengan mesin yang terbaik, penyemprotan antioksidan dengan pesawat dan lain sebagainya.

Menurut masyarakat awam apapun itu yang namanya pertanian pasti berhubungan dengan lahan perkebunan, pembibitan dan cangkul mencangkul. 

Tetapi kita tidak seharusnya tertunduk lesu dengan hal itu, kita seharusnya bangga dapat sedikit berpartisipasi baik dalam pemikiran maupun dalam langkah nyata untuk memikirkan kelangsungan hidup putra - putri indonesia yang sehat dan  berkualitas. Banyak contoh negara maju yang berbasis Pertanian seperti New Zealand yang sukses menjadi negara mandiri dalam pertanian dan juga sukses menjadi negara pensuplay bahan pangan dan pertanian ke negara lain.

Kita kembali ketopik, setelah saya berenang dan menyelam dalam hampir 3 tahun, Teknologi Hasil Pertanian TIDAK SAMA PERSIS dengan rabaan saya, malah sebaliknya, kajiannya banyak dalam bidang Biokimia, Kimia dan Biologi. Tidak memilki lahan atau perkebunan percobaan namun tempatnya adalah laboratorium, berkutik dengan beberapa mikroba, senyawa kimia dan kajian dalam bidang gizi yang berhubungan dengan dunia kimia pangan (Karbohidrat, Protein, Lemak dan lain sebagainya)

Sebagai gambaran sedikit apa yang dipelajari di jurusan Teknologi Hasil Pertanian berikut adalah ini beberapa matakuliah yang di ajarkan:

  • Mikrobiologi Pengolahan Pangan
  • Bioteknologi Industri Pangan 
  • Teknologi Karbohidrat
  • Pangan dan Gizi
  • Pengendalian Mutu
  • Sanitasi Pengolahan Pangan
  • Mesin dan Peralatan Pengolahan Hasil Pertanian
  • Manajemen IndustriEvaluasi Sensori
  • Teknologi Pengemasan 
  • Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen.
dan masih banyak mata kuliah yang menarik lainnya. Keren bukan,,?

Bagaimana dengan Karir dan Prospek jurusan TEKNOLOGI HASIL PERTANIAIN  kedepan..?
Selanjutnya ---->>>>

31 komentar:

  1. Jadi jika mengadakan praktek dilab atau sedang mengadakan penelitian kemudian listrik tiba" mati. Bagaimana solusinya? Dan kenapa THP hanya dilakukan dilaboratorium saja?

    BalasHapus
  2. kak mau tanya itu itu pas kegiatan ospek kkn itu d suruh apa ya kak?

    BalasHapus
  3. Kak kalau mau ambil jurusan ini pas un apa jurusan yang diambil kimia atau biologi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh pilh saja yang mana menurut adik yang lebih mudah

      Hapus
    2. Klo anak ips bisa gak ya ambil jurusan itu?

      Hapus
    3. Bisa, lintas jurusan tapi jangan ambil di SNMPTN tapi ambil di SBMPTN. Karena kalo SNMPTN kemungkinan diterima sangat kecil

      Hapus
  4. Ka sya masih sma kls 12 ips sya mau ngambil jurusan di pertanian tpi masih bingung dan masih awam apa itu jurusan pertanian apa saja yg dipelajari mohon bimbingan nya ka?

    BalasHapus
  5. Kk, teknologi hasil pertanian sama ya dengan teknologi pangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia sama di sebagian universitas namanya teknologi hasil pertanian di sebagian lagi teknologi pangan

      Hapus
  6. Kak, bagaimana dengan agribisnis mengapa mahasiswa agribisnis harus mempelajari teknologi hasil pertanian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agribisnis lebih mencakup semua agroindustri(teknologi hasil pertanian), jadi rasanya agrobisnis yg mempelajari agroindustri

      Hapus
  7. Apakah Tata boga sama dengan agribisnis pengolahan hasil pertanian?

    BalasHapus
  8. Kak sama atau beda jurusan teknologi hasil pertanian sama taknologi industri pertanian

    BalasHapus
  9. Anak ips bisa gak masuk jurusan ini kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ikut snm ga bisa kayaknya

      Hapus
    2. maaf kak kalo sbmptn bisa kah kak atau utul ugm terus saya dari jurusan ips bisa masuk gak kak kira2

      Hapus
  10. Kak kalo buta warna bermasalah tidak?boleh masuk nggak?parsial buta warna nya?

    BalasHapus
  11. Kak apakah di thp ini sering penelitian di lab?

    BalasHapus
  12. Kak,apakah stelah kita tamat kuliah jurusan teknologi hasil pertanian bisa langsung kerja?

    BalasHapus
  13. Kak.sya skrng kls 3 tpi msih ragu mau ngambil jurusan apa.lebih bagus mna jurusana teknologi pertanian atau agroekoteknologi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy. Saya juga bingung mau pilih yang mna diantara itu..bedany apa ya?...muhon bimbingannya para senior

      Hapus
  14. Apakah jurusan Teknologi Pangan Dan Teknologi Hasil Pertanian Sama?

    BalasHapus
  15. Kak aku kls 12 jurusan perkantoran, masuk thp apa bisa kak?

    BalasHapus
  16. Kak,mau tanya kalau saya memilih agribisnis sama teknologi hasil pertanian mana yang saya jadikan pilihan 1 sama sama di unej?

    BalasHapus
  17. Kk kalau mau ambil jurusan yang diutamakan harus passing grade yang tinggi pada pilihan pertama,kalau pilihan kedua nggk apa kan kk soalnya banyak teman yang bilang kalau mau ambil jurusan harus passing grade yang tinggi pada pilihan pertama baru passing grade yang rendah dikit pada pilihan kedua

    BalasHapus
  18. Kalo yang kimianya susah gak kak?

    BalasHapus
  19. apakah harus pandai pelajaran kimia / fisika?

    BalasHapus
  20. apakah harus pandai pelajaran kimia / fisika?

    BalasHapus
  21. apakah harus pandai pelajaran kimia / fisika?

    BalasHapus
  22. Kk kalau kuliah itu materiny ngulang dri awal atau gimana?,aku takut gk bisa ngikutin soalny ak SMAny di jurusan IPS,dan semenjak SMA ini gk pernah belajar ttg IPA,sedangkan jurusan ini banyak ttg fisika kimia biologiny..tpi pengen masuk di jurusan itu,,mohon solusi dan bimbinganny kk

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.