Sehatkah minum kopi di pagi hari.? Ulasan Dampak minum kopi di pagi hari bagi kesehatan tubuh

www.shutterstock.com/
Bagi para penikmat kopi, mungkin pagi adalah waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi hangat sebelum pergi melakukan rutinitas. Banyak orang menganggap bahwa minum kopi di pagi hari adalah 'energy booster' yang mumpuni untuk menyegarkan mata serta otak sehingga mampu meningkatkan semangat dan stamina.

Tapi pernahkah kita para penikmat kopi berfikir, 
Sudah tepatkah minum kopi di pagi hari.?

Menurut bidang kesehatan, minum kopi di pagi hari merupakan sebuah kesalahan dan dapat memberi efek negatif bagi tubuh. Dilansir dari laman times.com, diungkapkan bahwa minum kopi di pagi hari adalah waktu terburuk untuk mendapatkan manfaat kopi. Why...?

Begini alasannya

#Kafein mempengaruhi produksi Hormon Kortisol
Tubuh membutuhkan hormon sebagai pemicu organ yang ada di dalam tubuh manusia agar dapat bekerja dengan maksimal dan efektif.Menurut para pakar yang telah meneliti bahwa tubuh kita memproduksi hormon "kortisol" disaat saat tertentu saja, tetapi disaat jam pagi yaitu jam 08.00-09.00 tubuh memproduksi hormon kortisol dalam lonjakan yang tinggi.

Hormon ini berfungsi untuk  menjaga mata kita tetap terbuka dan dalam kewaspadaan  yang tinggi serta menyediakan energi yang dibutuhkan untuk siang hari.

Ketika kita minum kopi disaat jam tersebut maka Kafein yang terkandung didalam kopi akan mengganggu atau mengurangi lonjakan hormon kortisol yang sangat dibutuhkan tubuh disaat pagi hari.

#Minum Kopi keadaan perut kosong dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan penyerapan protein 
selain itu, mungkin dari kita ada yang ketika bangun dari tidur pagi langsung membuat secangkir kopi hangat atau langsung minum kopi yang telah disediakan isteri dalam keadaan perut kosong, ketahuilah kebiasaan seperti ini akan berdampak lebih buruk bagi kesehatan.

Ilmuan mengungkapkan minum secangkir kopi murni disaat perut kosong dapat merangsang sekresi Asam klorida dalam sistem pencernaan, terlebih pada orang yang mempunyai persoalan lambung efeknya akan lebih cepat terasa.

Minum kopi dalam keadaan perut kosong juga bisa menyebabkan Protein terjebak dalam tubuh dan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kembung dan iritasi atau radang usus. 

Kapan waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi..?
Para ilmuan menyarankan, jika kita tetap ingin menikmati secangkir kopi hangat dan dapat bermanfaat bagi kesehatan, sebaiknya minum kopi disaat puncak produksi hormon kortisol dalam tubuh telah selesai yaitu di atas pukul 09.00 pagi.

Namun ternyata tubuh memproduksi hormon kortisol dan mengalami lonjakan yang tinggi tidak hanya terjadi pada pukul 08.00 - 09.00 saja, tetapi diwaktu siang juga mengalami lonjakan yaitu sekitar jam 12.00 - 13.00 dan sekitar jam 17:30 - 18:30 untuk waktu sore hari.

Bagi kita para penikmat kopi, alangkah baiknya jika ingin menikmati lezatnya kopi tidak disaat jam-jam ketika hormon kortisol dalam produksi lonjakan tinggi dan tidak minum kopi disaat perut kosong.

Dari pengalaman pribadi penulis, memang ada dampak kurang baik saat minum kopi di pagi hari dalam keadaan perut kosong yaitu sistem pencernaan kurang beres untuk beberapa saat kemudian.  

Nah, sekarang sudah tahukan bahwa minum kopi di pagi hari itu kurang baik apalagi dalam keadaan perut kosong. Dan untuk sebagian dari kita yang sudah kebiasaan minum kopi saat bangun tidur pagi alangkah bermanfaatnya jika diganti dengan air minum. Karena air minum dipagi hari sangat dibutuhkan tubuh karena hampir 6-8 jam kita tidak mengkonsumsi air dan tubuh butuh asupan air.

Ayo..kita biasakan hidup sehat..!


1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.