Ngerinya..! Dampak dan Bahaya Heandset Terhadap Pendengaran, Otak dan Jumlah Bakteri dalam Telinga.

Bahaya _heandset_bag_kesehatan
Bahaya Heandset
Selamat malam guys, apa kabar semua. ok kali ini kita akan mengulas tentang Heandset atau Handsfree, pastinya kita semua tahu dan pernah menggunakannya donk..? 
apalagi akhir - akhir ini di Indonesia dan dunia lagi dibanjiri dengan teknologi smart phone dengan berbagai jenis model fitur yang beken salah satunya Heandset yang menjadi fitur penunjangnya. 

Rupanya kebiasaan mendengarkan Portable Music Player (PMP), seperti MP3 player dengan menggunakan heandset yang berlebihan dapat memberikan dampak buruk terhadap pendengaran.

Berdasarkan sebuah penelitian penggunaan heandset selama lima jam dalam seminggu dapat memberikan dampak kerusakan permanen pada telinga.

Salah seorang peneliti dari SCENIHR mengatakan bahwa :

"Mendengar pemutar musik personal secara reguler dalam volume tinggi ketika muda sering kali tidak berdampak pada pendengaran. Namun, kelak kemampuan mendengar bisa menghilang"


Dampak heandset terhadap otak
Dampak heandset terhadap otak
Tidak hanya berdampak pada pendengaran saja penggunaan heandset didugajuga dapat memberikan efek terhadap otak karena dianggap penggunaan gelombang elektromagnetik berpengaruh terhadap listrik otak. tapi guys,, beberapa peneliti EROPA mengatakan tidak menemukan pengaruh gelombang elektromagnetik terhadap tumor otak. Tapi ini kita gunakan sebagaai warning..! bahwa ada indikasi efek yang berbahaya penggunaan heandset terhadap kinerja otak.

Satu lagi informasi yang luar biasa guys,,! rupanya menggunakan heandset mampu meningkatkan jumlah bakteri dalam telingan berlipat lipat. Dalam sebuah publikasi jurnal kesehatan Laryngoscop menyebutkan bahwa setelah mendengar musik selama 1 jam bakteri dalam telinga meningkat dari 60 mikro-organisme menjadi sekitar 650 hingga 700 mikro-organisme. wow.. luar biasa bukan.? 


Solusi...?

bagi sebagian kita mendengarkan music adalah sebuah kehobian atau penghibur disaat saat tertentu tampa rasa ingin mengganggu lingkungan, biasanya kita memanfaatkan fitur heandset sebagai solusi hal tersebut. Nah,,berikut ini kita akan mengulas tentang  penggunaan heandset yang benar sehingga tidak berdampak kepada pendengaran kita.


1. Jangan terlalu kencang dalam penggunaan heandset

Intensitas yang lazim di dengar oleh telingan manusia adalah 20 Hz-20 Khz. Berdasarkan sumber yang lain menyatakan hal ini sesuai dengan usia, suara ringan untuk orang dewasa adalah 25-40 db, untuk anak-anak 20-40 db. suara peringkat tertinggi suara terberat berkualitas 90 db. Dalam hal ini penggunaan handphone pintar biasanya sudah diatur, akan ada peringatan apabila kita mendengar lebih dari yang dianjurkan.


2. Membersihkan heandset atau handfree

Kita terkadang sering mengabaikan hal ini, membersihkan heandset sebelum kita akan menggunakannya. Dr chiranjay mukhopadhay menyarankan agar kita membersihkan terlebih dahulu heandset atau handsfree sebelum menggunakan atau meminjamkannya pada orang lain.


3. Jangan terlalu lama menggunakan heandset

Agar pendengaran kita aman dari gangguan yang tidak di inginkan maka jangan terlalu lama menggunakan heandset atau heandsfree.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.