Minuman kesehatan yoghurt yang ajaib

paijomenulis,blogspot,com
Sajian yoghurt
Semua orang mengidam-idamkan hidup sehat bukan,? untuk apa uang menggunung kalo penyakit menjadi sahabat tubuh. Salah satu kebiasaan hidup sehat yang di lakukan orang-orang eropa adalah mengkonsumsi YOGHURT.
youkk.. ikuti ulasan tentang Yoghurt
selamat membaca..
Yoghurt merupakan suatu produk olahan  dari susu yang di fermentsi dengan bantuan mikroba. Susu yang di gunakan dapat dari susu sapi atau dari susu kambing,
yoghurt juga merupakan solusi bagi orang Lactase intoleran yang ingin mengkonsumsi susu, 

Karena orang yang memiliki kalianan Lactase intoleran pada dirinya tidak dapat mengkonsumsi susu di sebabkan susu mengandung laktosa sedangkan enzim yang mengurai laktosa tidak sanggup untuk mengurainya sehingga si konsumen akan mengalami diare setiap kali mengkonsumsi susu.

Sedangkan laktosa yang terdapat di dalam susu dalam yoghurt sudah mengalami penguraian oleh mikroba pada saat dilakukan fermentasi.

Mikroba yang terlibat dalam fermentasiadalah Lactobacillus  bulgaricus  
dan  Streptococcus thermophillus,  

Kedua mikroba ini bertanggung jawab terhadap pemecahan laktosa menjadi asam laktat sehingga  asam laktat  akan  menyebabkan kenaikan keasaman  susu dan penurunan pH, itulah sebabnya mengapa yoghurt memiliki rasa asam,

Selain itu juga kedua mikroba tersebut berperan dalam pembentukan flavor ciri khas yoghurt.

Sejarah yoghurt
Ottoman empiree
Yoghurt merupakan minuman di negara-negara maju dalam artian lain yoghurt merupakan minuman kesehatan yang bergenksi di Dunia.  

Minuman yoghurt sebetulnya sudah di kenal sejak zaman dahulu. 

Pada zaman Kesultanan Otaman Turki. Raja Perancis François I menderita gangguan usus yang cukup serius dan kronis hingga membuat dokter-dokter terbaik di Prancis pun menyerah. 

Dalam  kondisi yang kritis tersebut, dicarilah upaya untuk penyembuhannya ke seluruh  dunia, salah satu yang terbetik beritanya adalah adanya cara penyembuhan yang  sangat manjur dari kesultanan Ottoman Turki. 
Dinegara tersebut terdapat tabib-tabib yang pandai mengobati masalah pencernaan. 

Dikirimlah salah seorang tabib terbaik dari kerajaan untuk mengobati raja atas permintaan kerajaan Perancis  sambil membawa sekawanan domba. 

Obat yang diberikan tabib tersebut tak lain  tak bukan adalah yogurt, untuk diminum beberapa mangkuk setiap hari. Setelah berlalu beberapa hari ternyata Raja Perancis sembuh. 

Dengan  penuh penasaran, raja meminta rahasia obat tersebut untuk digunakan apabila  terkana penyakit pencernaan itu lagi.  Meskipun diminta oleh raja Perancis,  rahasia pembuatan yogurt tidak diberikan oleh tabib. Tetapi sejak saat itu rakyat  Perancis memuja dan mencintai yogurt.

Dibeberapa Negara minuman yoghurt memiliki tempat yang istimewa di hati masyarakatnya karena memiliki khasiat atau manfaat yang sangat baik,

bahkan sebagian orang sudah mengkonsumsi  yoghurt secara teratur untuk menghalau suatu penyakit atau proses penyembuhan suatu penyakit atau lebih kita kenal dengan istilah “TERAPI”.

Julukan yoghurt

Karena begitu besar manfaatnya maka sebagian negara memilik julukan seperti di India yoghurt di kenal dengan "food of the gods"  yang artinya santapan para dewa.
sedangkan di Prancis dikenal dengan julukan "le lait de la vie eternelle" (susu kehidupan abadi)

Manfaat yoghurt

Dalam jurnal pangan 2009 Siti Chotimah mengemukakan 3 manfaat yogurt diantaranya:
  • Cocok untuk dikonsumsi yang sensitive terhadap susu.
  • Jika di konsumsi rutin dapat mengontrol kolestrol dalam darah karena yogurt mengandung bakteri Laktobacillus yang berfungsi menghambat pembentukan  kolesterol dalam darah kita
  • Meningkatkan daya tahan  tubuh  karena yogurt mengandung banyak  bakteri baik.
Masih banyak manfaat yang di peroleh dari mengkonsumsi yoghurt dan khusus mengenai manfaat yoghurt akan diulas dalam artikel selanjutnya di tunggu ya..

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.